Jumat, 11 Agustus 2017

Filled Under:

Ketahui 5 Manfaat Makanan Pedas untuk Jantung dan Kesehatan

Muhammad M. Ridlo

Salam.

Tubuh tidak menyukai hal menyakitan. Hal demikian belum tentu berlaku sama pada pikiran kita. Salah satu contoh adalah dalam memakan makanan pedas. Terkadang sebagian dari kita menyukai hal yang sebenarnya menyakitkan. Sensasi panas dan menusuk tidak pernah mencegah peminat makanan pedas untuk tetap mengkonsumsinya.

Hal yang kita sebut sensasi terkadang lebih disukai dibanding rasa itu sendiri. Selain sensasi, baik anda sadari maupun tidak, tentu juga akan mendapat manfaat kesehatan baik dari bahan pangan terkait termasuk dari sensasi pedas yang pastinya akan menjadikan anda semakin berminat pada kategori makanan ini. Berikut manfaat makanan pedas.

Baik untuk Kesehatan Jantung
Bahan pangan berasa pedas seperit cabai bermanfaat membantu meminimalisir dampak kolestrol jahat. Salah satu jenis bumbu masakan ini juga mengandung capsaicin yang berguna membantu tubuh mencegah inflamasi jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan pedas bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Meringankan Gangguan Emosi
Stress tidak bisa dipandang remeh karena merupakan awal dari depresi termasuk bunuh diri. Mengkonsumsi makanan pedas juga dapat dicoba agar produksi serotonin, suatu hormon anti-stress semakin meningkat. Maka dari itu, disarankan agar mengkonsumsi makanan pedas secara rutin untuk menjaga kesehatan emosi.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Sebuah penelitian menemukan bahwa capsaicin dalam makanan pedas (cabai) berefek termogenik. Mengkonsumsi cabai bersama dengan bahan makanan lainnya bermanfaat agar pembakaran lemak dan kalori dapat meningkat sehingga membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk menurunkan berat badan.

Memperbaiki Sistem Peredaran Darah
Konsumsi rutin cabai dan lada Insya Allah akan membantu memperbaiki sistem peredaran darah. Selain itu, vitamin A dan C yang terkandung dalam keduanya akan membantu meningkatkan suplai darah sehingga baik dan efektif untuk membantu mencegah timbulnya masalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh.

Kiat Pencegahan Gangguan Syaraf
Makanan pedas (lada) Insya Allah akan membantu mencegah timbulnya Parkinson. Jurnal Annals of Neurology pada penelitian mereka menemukan bahwa konsumsi lada dua kali setiap minggu akan membantu menurunkan resiko Parkinson hingga sepertiganya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Wasalam.


(National Geographic)

0 komentar:

Posting Komentar