Jumat, 11 Agustus 2017

Filled Under:

Rokok Elektrik Juga Mengandung Nikotin, Benarkah?

Muhammad M. Ridlo

Salam.

Sebagian orang menganggap bahwa rokok elektrik aman atau setidaknya lebih aman dibanding jenis konvensional karena tidak mengeluarkan asap serta bebas dari nikotin. Jenis rokok ini memang tidak menimbulkan asap melainkan mengeluarkan uap air. Akan tetapi, berlainan dengan anggapan, rokok listrik sebenarnya juga mengandung nikotin.

Nikotin sebagai hasil ekstrak tembakau dicampur dengan propilen glikol dan bahan kimia lainnya hingga menjadi cairan yang akan diisikan pada tabung vape sebagai komponen utama. Anda menghirupnya, menghirup vape dengan bahaya yang tidak jauh berbeda dibanding rokok biasa, asap yang juga mengandung zat kimia berbahaya nikotin.

Dengan demikian, hampir semua merek rokok elektrik mengandung nikotin bahkan berdasarkan penelitian oleh FDA pada tahun 2009, kandungan nikotin juga terdapat pada rokok elektrik dengan label termasuk yang mengklaim tidak mengandungnya.

Sebuah penelitian pada tahun 2011 juga menemukan ketidaksesuaian antara kandungan nikotin pada label dengan kadar sebenarnya. Maka dari itu, anda harus berhati-hati saat menggunakan jenis rokok ini meningat efek merugikan zat berbahaya tersebut, juga hindari mempercayai label suatu merek produk rokok yang mengklami bebas dari nikotin.

Semoga bermanfaat.

Salam.

Sumber referensi:



0 komentar:

Posting Komentar