Jumat, 11 Agustus 2017

Filled Under:

5 Makanan agar Fungsi Hati menjadi Lebih Ringan dan Optimal

Muhammad M. Ridlo

Salam

Fungsi penting detoksifikasi tubuh berada pada liver sehingga sebagian besar racun dari setiap organ dibawa dan dinetralisir dalam hati. Racun dapat bersumber terutama dari luar tubuh termasuk logam berat produk kosmetik yang dapat diserap kulit serta setiap makanan dan minuman yang anda konsumsi.

Racun yang sedemikian banyak dalam tubuh diatasi hanya dengan satu organ sehingga tentu akan menjadi cukup berat terlebih jika pola hidup yang anda jalani tidak mendukung fungsi dan kesehatan hati. Terdapat kiat agar liver tetap sehat, untuk pengeluaran racun yaitu dengan rutin konsumsi makanan berikut.

Kunyit
Kunyit membantu menghasilkan cairan empedu dan mencerna lemak sebagai detoksifikasi hati secara alami sehingga dengan konsumsi rempah tersebut, Insya Allah pembersihan racun dalam tubuh akan menjadi bertambah efektif agar hati tetap sehat.

Kopi
Sebuah studi menemukan, rutin minum kopi setidaknya dua cangkir setiap hari Insya Allah akan membantu menurunkan resiko gangguan kesehatan liver hingga 44 persen. Kopi bermanfaat agar hati dapat bekerja secara optimal.

Avokad
Beberapa penelitian membuktikan, glutathione dalam avokad membantu tubuh menyaring dan melawan senyawa berbahaya dalam liver sehingga Insya Allah rusaknya sel pada hati dapat dihindari. Mengkonsumsi secara rutin buah berasa lezat dengan tekstur liat tersebut baik agar hati tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Pomelo
Jeruk bali kaya akan senyawa antioksidan yang berguna untuk membantu hati menetralkan senyawa racun dalam tubuh. Disarankan untuk mengkonsumsi rutin buah menyegarkan ini agar “pekerjaan” hati dapat menjadi semakin ringan.

Bawang Putih
Alisin dan selenium terkandung dalam bawang putih, bermanfaat untuk mengaktifkan enzim penetral racun. Keduanya merupakan senyawa antioksidan. Selain itu, alisin juga bermanfaat sebagai anti-biotik. Manfaat membantu membersihkan racun dan peran anti-biotik akan menunjang dan meringankan kerja hati.

Mungkin anda pernah mengalami masalah kesehatan hati dan mendapat saran agar lekas membaik. Bagikan saran, pengetahuan dan pengalaman anda!

Semoga bermanfaat.

Wasalam.

(National Geographic)


0 komentar:

Posting Komentar