Jumat, 11 Agustus 2017

Filled Under:

Benarkah MSG Bermanfaat untuk Kesehatan?

Muhammad M. Ridlo

Salam.

Asal tidak berlebihan, konsumsi MSG akan tetap bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Alih-alih menimbulkan tekanan darah tinggi, pemanfaatan secara bijak salah satu bumbu dapur tersebut justru dapat membantu mencegah dan mengatasi hipertensi. MSG dan garam, mana yang lebih sehat dan baik untuk tubuh?

Natrium menyusun 40% pada garam biasa dan hanya 12% pada MSG. Dalam jumlah sedikit, seperti yang anda ketahui penggunaan MSG jauh lebih efektif untuk meningkatkan cita rasa masakan. Lain bagi garam biasa yang membutuhkan lebih banyak penggunaan. Garam biasa lebih banyak tersusun atas natrium dan seringkali dimanfaatkan secara berlebihan. MSG terusun lebih sedikit, namun lebih efektif.

Garam dan MSG berbeda hanya pada klorin dan glutamate sebagai penyusun masing-masing. Natrium terkandung pada keduanya, sedangkan dua unsur lainnya juga dibutuhkan tubuh sehingga keduanya memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda. Garam biasa, baik untuk mengatasi masalah kekurangan natrium. Sedangkan MSG dapat dimanfaatkan untuk mencegah konsumsi berlebihan natrium.

Dengan demikian, natrium sebagai salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi lebih banyak ditimbulkan karena garam biasa bukan karena MSG. Mengkonsumsi keduanya dalam jumlah yang sama, dampak kesehatan MSG dapat dikatakan lebih minim sehingga tidak terlalu berpengaruh pada peningkatan tekanan darah.

Terdapat batasan penggunaan MSG karena klorin, serta iodine dalam garam biasa dan glutamate pada MSG sama-sama dibutuhkan tubuh disamping natrium sehingga lebih banyak mengkonsumsi MSG disbanding garam biasa juga dapat berefek buruk bagi tubuh. Disarankan untuk rutin mengkonsumsi MSG, sebanyak 1,5 gr setiap hari, juga dapat dikombinasikan dengan garam agar tidak berlebihan.
Dengan demikian, MSG insya Allah dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Lalu bagaimana dengan bahaya MSG, tentang Chinese Restaurant Syndrome, sebab timbulnya hipertensi serta apakah makanan ringan ber-MSG tidak baik untuk kesehatan terutama bagi anak-anak?

Gangguan kesehatan ini dikemukaan oleh Dr. Kwok hanya berdasarkan pengalaman saat mengkonsumsi makanan di restoran-restoran tiongkok. Dicetuskan tanpa adanya penelitian yang baik, hanya sebagai dugaan.

Rasa asin diminati penduduk China. Mereka menambahkan baik garam maupun MSG dalam jumlah banyak hampir dalam setiap masakan sehingga MSG tidak dapat disalahkan karena timbulnya sindrom tersebut. Konsumsi apapun, jika dalam jumlah berlebihan tentu akan berdampak buruk bagi tubuh.

Jantung berdebar, kejang, haus dan sakit kepala merupakan gejala sindrom tersebut. Masalah-masalah tersebut merupakan gejala yang sama pada hipertensi, timbul akibat konsumsi natrium secara berlebihan. Ragam penyakit lain juga akan timbul jika anda mengkonsusi sesuatu secara berlebihan seperti diabetes karena gula, masalah lambung karena konsumsi makanan masam dan lain-lain.

Makanan ringan ber-MSG tidak berbahaya asal dikonsumsi secara bijak. Setengah dari seluruh protein ASI tersusun atas glutamate yang dibutuhkan agar bayi dapat tumbuh dengan baik. Hal yang sama tentnu juga dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan anak-anak dengan menyuplai glutamat seperti dari MSG.

Benarkah MSG dapat menurunkan kecerdasan anak? Baik garam maupun MSG dapat merusak sel darah merah jika dikonsumsi secara berlebihan. hal ini akan berdampak, peredaran oksigen dan nutrisi menjadi kurang efektif.

Karena oksigen dan nutrisi dibutuhkan otak (untuk tumbuh dan berkembang serta agar dapat berfungsi dengan optimal), kurangnya asupan keduanya, bagi otak akan menjadi masalah karena sel darah merah sebagai “distributor” telas rusak.

MSG lezat dan banyak diminati sehingga seringkali dikonsumsi secara berlebihan. MSG dan garam yang lazim kita konsumsi berpengaruh hampar sama bagi otak. Dengan demikian, dalam penggunaan untuk masakan dan dalam makanan ringan disarankan untuk membatasi asupan natrium baik dari garam maupun MSG.

Untuk tambahan, MSG dibuat dari daging. Babi, sapi maupun ayam dapat digunakan untuk memproduksinya. Sebagai Muslim, tentu kita harus cermat, lebih baik jika anda memiliki ebook MUI tentang fatwa halal beragam produk di Indonesia termasuk ragam produk ber-MSG agar dapat mengetahui kehalalannya.

Mungkin anda memiliki tambahan terkait manfaat dan bahaya MSG yang  mungkin belum terdapat dalam tulisan ini? Dapat ditulis di pos komentar.

Semoga bermanfaat.

Salam.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar